Tips Menentukan Topik Utama Blog, Jangan Salah Sampai Topik!

Anda mungkin akan berpikir tahap ini sepele… cuma milih topik. Padahal kenyataannya tahap ini yang paling penting dalam persiapan.

Baca berita ini - DPD GNI Kota Medan Kutuk Aksi Bom di Depan Gereja Katedral Makassar

Mari saya beritahu 1 fakta:
Setiap hari ada 2,73 Juta konten baru yang diterbitkan blog dari seluruh dunia. Lebih dari 70% dari blog-blog tersebut hanya mendapatkan kurang dari 5.000 pengunjung per bulan, atau sekitar 150 per hari. Miris kan?

Baca berita ini - Berbagi Takjil dan Masker, Ongky : Sebagai Wujud Kepedulian dan Keikhlasan Saling Berbagi

Kira-kira apa penyebabnya?
Ini akarnya:
1. Topik blognya tidak jelas, berantakan
2. Topiknya tidak menarik bagi banyak orang
3. Topik yang dipilih tidak mereka kuasai/minati sehingga isi blognya juga jadi tidak berkualitas


Baca berita ini - GNI, GAAS dan Komunitas Club Motor GENRE Membagikan Takjil dan Masker Di Tanjung Morawa

Andaikan anda hanya sempat membaca 5 website per hari. Apakah anda akan membuka website yang isinya berkualitas, menarik, dan bermanfaat bagi anda atau website yang cuma berisi artikel asal tulis?

Baca berita ini - GAAS, GNI dan Komunitas Club Motor GENRE Membagikan Takjil dan Masker Di Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang

Pasti yang pertama. Ya kan?
Jadi anda HARUS bisa membuat konten blog yang lebih bagus daripada blog-blog lainnya. Itu kuncinya. Nah, untuk bisa membuat konten yang bagus, maka anda wajib memilih topik yang anda minati/kuasai dan dianggap menarik oleh banyak orang.

Kalau anda memilih topik yang tidak anda mengerti, akibatnya: Membuat konten rasanya jadi berat Konten yang sudah dibuat jadi tidak berkualitas Anda akan cepat bosan Coba saja kita gunakan logika. Kalau kita tidak tertarik dan tidak tahu apa-apa tentang suatu topik, apa mungkin kita bisa mengajarkan topik tersebut kepada orang lain dan membuat mereka tertarik?

Baca berita ini - Relawan Rumah Qur'an, Pemuda dan Mahasiswa Bagikan Masker dan Hand Sanitizer Ke Masyarakat Kota Medan

Sangat sulit, apalagi bagi pemula. Topik mana yang bisa menghasilkan uang? Berdasarkan survey yang saya lakukan beberapa waktu lalu, sebagian besar dari pembaca artikel ini ternyata ingin mendapatkan penghasilan dari blog.

Betul, blog memang bisa menjadi sumber penghasilan. Tapi ada 1 mitos legendaris yang menyatakan bahwa hanya blog dalam topik tertentu yang bisa mendapatkan penghasilan. Itu salah besar. Semua topik bisa menghasilkan.

Asalkan konten yang anda buat mampu menarik minat banyak orang. Topik apapun bisa dibuat menjadi blog untuk berpenghasilan. Bahkan blog yang isinya lucu-lucuan.

Ini cerita dari pengalaman pribadi: 7-8 tahun yang lalu saya mencoba membuat blog lihat disini! dalam topik tax (perpajakan), karena katanya topik ini bisa mendapatkan banyak uang dari iklan.

Baca berita ini - Relawan Rumah Qur'an Mas'ud Silalahi Bersinergi Dengan Lembaga Kepemudaan, Kemahasiswa, Remaja Masjid & Jurnalis Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

Padahal saya sama sekali tidak tertarik dengan pajak. Akibatnya, konten yang saya buat kualitasnya sangat rendah. Setiap kali menulis konten, rasanya stress. Akhirnya blog terbengkalai tanpa mendapatkan pengunjung sama sekali.

Jadi, jangan pilih topik yang tidak menarik bagi anda.

Related Posts

Posting Komentar

Ikuti Saya Melalui Email